Fakultas Teknik Elektro Terbaik

Fakultas Teknik Elektro Terbaik

Sahabat Latis aada yang minat jadi teknisi? Kalo iya berarti jurusan teknik elektro akan menjadi pilihan kalian nih. Fakultas teknik elektro terbaik di dalam negeri tidak kalah saing dengan internasional lho! Teknik Elektro terbaik tersedia di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia tercinta dan jurusan ini menjadi salah satu yang diminati masyarakat. Kok gitu? karena memiliki peluang kerja menarik dan terbuka luas di berbagai bidang. Jadi jangan cuma berpatokan pada jurusan Kedokteran ya!

Fakultas Teknik Elektro Terbaik: Materi Pembelajaran

Fakultas Teknik Elektro Terbaik
sumber Frreepik

Apa yang akan kalian pelajari di jurusan ini? pastikan kalian tidak buta arah ya! Jadi, mahasiswa jurusan Teknik Elektro akan mempelajari sifat-sifat elektron (listrik) beserta aplikasi dan teknologi terkait dalam kehidupan sehari-hari. Lho kok seperti ada kimianya karena ada elektron? Jurusan ini juga berkaitan erat dengan konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. Jadi sebenarnya memang gabungan kimia dan fisika lah ya!

Untuk prospek kerja lulusan fakultas teknik elektro terbaik cukup menarik dan luas karena hampir semua sektor membutuhkan keahliannya. Kalau kalian berkunjung ke halaman depan web UGM, Fakultas Teknik Elektro UGM menyebutkan jika mahasiswa dengan gelar insinyur Teknik Elektro dibutuhkan oleh industri dalam dan luar negeri. Siapa yang tidak butuh elektronik di jaman sekarang?

Tidak hanya perusahaan swasta, instansi pemerintah, BUMN, dan juga startup juga membutuhkan lulusan jurusan yang satu ini. Mereka yang telah lulus didesain untuk mampu bekerja secara luwes di berbagai bidang dan industri seperti PLN/kelistrikan, Migas, industri manufaktur, otomotif sampai pada industri mutakhir seperti industri online, IT, smart systems, hingga industry elektronika maju dan kecerdasan buatan. Wah banyak banget kan ya?

Untuk perbandingan nih, dari laman ITB menyebutkan, lulusan Teknik Elektro ITB juga telah banyak mendapat pekerjaan di berbagai sektor perekonomian. Jadi tidak hanya di kelistrikan, mereka juga bekerja diĀ  interactive & digital media, digital & wireless communications, embedded system, electronics industry, intelligent system, IC Design & manufacturing, manufacture, internet technology, multimedia, signal processing, control & automation, energy systems, oil & gas industry, dan biomedical engineering. Sudah kebayang bakal pegang uang berapa kalian nanti?

Nah kalau sudah selesai menghayalnya, sekarang waktunya menentukan prosesnya mau masuk di kampus yang mana nih. Ini dia 10 daftarnya!

Fakultas Teknik Elektro Terbaik Berakreditasi BAN-PT

fakultas teknik elektro terbaik
sumber freepik
1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Lagi-lagi UGM berada di top satu terbaik. Prodi Teknik Elektro merupakan salah satu prodi tertua di UGM bahkan di Indonesia di samping Fakultas Kedokterannya. Ilmu Teknik Elektro yang meliputi Teknik Tenaga Listrik, Teknik Kendali dan Instumentasi, Robotika dan Automasi, Isyarat (signal) dan sistem, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan perangkat keras terus berkembang. Perkembangan ini seiring peradaban manusia dan dari waktu ke waktu berada di puncak-puncak teknologi di setiap masa.

di jaman now salah satu kemampuan yang dipelajari di Prodi Teknik Elektro adalah Internet of Things (IoT) dan implementasinya dan kecerdasan mesin artifisial yang merupakan bagian cyber physical systems. Ini merupakan komponen penting di dalam revolusi industri 4.0.

Kalau kalian keterima di Program studi Teknik Elektro S1 UGM, maka bersiaplah untuk sedikit sombong karena pada laman BAN-PT meraih akreditasi Unggul. Sementara untuk jenjang S2 dan S3nya meraih peringkat A.

Gimana?S1 aja belom mulai udah mau menghayal ke S2 dan S3 dulu?

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Namanya saja Institut Teknologi. Pendidikan tinggi Teknik Elektro (Elektro Teknik) di Indonesia diawali dengan Laboratorium Listrik di Technische Hooge-school te Bandoeng pada tahun 1942. Kemudian di tahun 1944 dengan pendidikan Denki Kikaika (bagian Listrik & Mesin) sebagai bagian dari Kogyo Daigaku. Program pendidikan Elektro Teknik di ITB dimulai tahun 1947.

Sebagai institusi yang memang berada di bidang ini, Program Studi Teknik Elektro di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB memiliki staf pengajar yang terhormat dalam setiap bidang keahliannya baik dalam pendidikan maupun penelitian. Kalau kalian hobi meneliti, bergabunglah dalam aktivitas riset dalam berbagai bidang yang amat luas. Contohnya adalah kendali otomatis, teknik biomedik, komunikasi, computer aided design (CAD), pengolahan citra dan machine vision, sistem computer dan jaringan, pengolahan sinyal dijital, elektronika, teknik tenaga, hingga teknologi informasi.

Sebelas dua belas dengan UGM, Teknik Elektro ITB juga meraih peringkat Unggul dari BAN-PT. Sementara untuk jenjang S2 dan S3nya meraih peringkat A. Nah jadi bingung kan mau pilih UGM atau ITB?

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kita beralih ke Surabaya dulu ya! Institut ini tidak jauh beda dengan ITB yang memang berbasis teknologi. ITS terakreditasi A dan Fakultas Elektro merupakan salah satu Jurusan terbesar di ITS. Sejak berdiri tahun 1960, Teknik Elektro ITS telah menjalin kerjasama pengembangan staff, pendidikan dan riset dengan institusi internasional di antaranya dengan:

– Eindhoven Univ – the Netherlands (1965-1970 dan 1990-1993)

Saga University – Japan (2003-2006)

– Oulu Univ – Finlandia (2006)

– Kumamoto Univ dan beberapa Univ di Japan (2006-2010)

– Hochschule Darmstadt Univ – Germany (2006 – now)

– Fontys Univ – the Netherlands (2007 – now)

Kalian kalau beruntung bisa langsung rekrut kesana lho! ITS juga telah meraih beberapa program kompetisi untuk pengembangan seperti ADB I (1980), ADB II (1995), TPSDP (2003-2007), JICA – Predict (2006-2010) dan Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI, 2008).

Laman BAN-PT mencatat prodi Teknik Elektro S1 ITS meraih akreditasi A, jenjang S2 A, dan Ilmu Teknik Elektro S3nya meraih peringkat Unggul.

4. Universitas Brawijaya

Masih di Jawa Timur, kita ke Fakultas teknik elektro yang sedikit muda usianya dibanding ketiga rekan sebelumnya. Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya berdiri bulan Oktober tahun 1978. Pendirian Jurusan Teknik Elektro merupakan visi Prof. Ir. Suryono (Alm), yang saat itu menjabat Pemimpin Proyek Brantas, sekaligus Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, dan Prof. Ir. Sutami (Alm), selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL).

Awalnya mereka melihat suatu peluang yang amat besar bagi pengembangan bidang kelistrikan. Program studi Teknik Elektro UB untuk jenjang S1 meraih akreditasi Unggul dan untuk jenjang S2nya akreditasi A yang tercatat di laman BAN-PT.

5. Universitas Diponegoro

Bergeser ke Jawa Tengah, Teknik Elektro Undip untuk jenjang S1 saat ini meraih akreditasi Unggul dari BAN-PT sementara jenjang S2 dan S3 nya meraih akreditasi B. Program studi ini lebih muda lagi dari Unibraw karena berdiri sejak 1982 dengan adanya SK No. 158/SK/PT09/1982, tanggal 6 Desember 1982, tentang Pembukaan Program Studi Strata 1 (S-1) Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Sayangnya untuk ke jenjang S2 dan S3 masih belum berakreditasi unggul.

Teknik elektro tentu akan praktik. Untuk menunjang praktikum, Undip menyediakan sejumlah laboratorium di antaranya Laboratorium Elektronika dan Mikroprosesor, Laboratorium Konversi Energi Listrik dan Sistem Tenaga, Laboratorium Teknik Kontrol Otomat, Laboratorium Telekomunikasi dan Pengolahan Sinyal, Laboratorium Pemodelan dan Simulasi, serta Laboratorium Komputer dan Informatika. Banyak banget kan lab nya?

6. Universitas Hasanuddin

Pergi meninggalkan npulau Jawa, UNHAS adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka yang menyediakan Fakultas Teknik Elektro terbaik di Indonesia. Program perkuliahan ini sudah ada sejak tahun 1995 dengan 3 konsentrasi yang ditawarkan yaitu teknik telekomunikasi teknik komputer, teknik energi listrik, dan elektronika.

Jadi kalau jurusan yang kalian inginkan ada di sini, bersiaplah meninggalkan Pulau Jawa ya!

7. Universitas Andalas

Masih berjalan jauh, Andalas memiliki program studi yang sudah terakreditasi level internasional. Akreditasi tersebut diberikan oleh Indonesian Accreditation Board For Engineering Education atau disingkat dengan IABEE. Universitas ini telah menyediakan jurusan Teknik Elektro sejak tahun 1991.

Walaupun belum mencetak alumni yang sangat tersohor seperti kampus negeri lainnya namun kerjasama internasional yang ada di kampus ini cukup bagus.

8. Universitas Sumatera Utara

Program studi Teknik Elektro berikutnya di Universitas Sumatera Utara sudah ada sejak tahun 1965. Karena sudah ada sejak dulu, tidak heran jika Program jurusan tersebut juga telah berhasil memperoleh akreditasi A. Kalian bisa mendaftar program studi tersebut dengan menjadi mahasiswa aktif pada Fakultas Teknik. Kok bingung? jangan bingung dong, nanti mimin ikut bingung, hehe.

9. Universitas Telkom

Sepertinya generasi lama belum pernah denger ya? Ini adalah pengembangan dari STT Telkom. Sekolah Tinggi Teknologi Telkom. Universitas Telkom telah menyediakan Fakultas Teknik Elektro sejak tahun 1990. Fakultas tersebut menyediakan hingga 5 program studi, 6 kelompok keahlian, dan dengan fasilitas lengkap yaitu 17 laboratorium maupun riset Group.

Kalo generasi lama pasti udah hafal akan kemana nih lulusan-lulusan dari Universitas Telkom. Bahkan juga jaman dulu menjadi satu-satunya kampus yang diidam-idamkan bagi semua khalayak yang ingin mempelajari teknologi.

Nah itulah kampus-kampus yang bisa kalian pilih. Sebelum akhirnya menginjakkan kaki dan menjadi mahasiswa di salah satunya, kalian perlu mengasah kemampuan kalian dong. Sudahkan mencari les terdekat? Apakah orangtua kalian juga sudah mengecek harga guru privat ke rumah? Persiapkan diri kalian sejak sekarang yuk!

referensi:

  1. sindonews.com
  2. kuliah123.com

Menit
Detik
Apa yang bisa Supercamp Alumni UI bantu?