fbpx
cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Siapa yang tidak tertarik dengan kesempatan beasiswa pendidikan di luar negeri. Ada banyak cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dan banyak pelajar yang telah lulus SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat yang ingin mendapatkannya.

Kualitas pendidikan di negara-negara maju di benua Eropa seperti Inggris, Jerman, atau di negara Amerika, menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak pelajar dari penjuru dunia tak terkecuali di Indonesia.

Bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, tentunya merupakan suatu kebangaan bagi diri sendiri dan juga keluarga tentunya. Namun hal ini tentulah tidaklah mudah. Kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Untuk kalian yang berminat mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, berikut ini adalah cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa kalian coba.

1.Persiapkan Prestasi Akademik Sebaik Mungkin

Beberapa universitas di luar negeri memilih calon mahasiswanya berdasarkan pada prestasi akademik dari siswa tersebut. Prestasi akademik menjadi hal pertama yang perlu kamu persiapkan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Prestasi akademik yang harus kalian persiapkan bisa dalam berbagai hal, baik itu prestasi akademik di dalam sekolah atau bisa juga dari perlombaan di luar sekolah. Kalian bisa menunjukan kualitas diri kalian dengan prestasi akademik yang kalian miliki.

Karena prestasi akademik cukup penting, persiapkan diri kalian sebaik mungkin. Raihlah prestasi akademik sebaik mungkin dan belajarlah dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan nilai akademik yang baik.

Kalian juga bisa aktif dalam berbagai perlombaan dan berusaha memenangkan lomba tersebut untuk menunjukan kualitas dari kemampuan akademik yang kalian punya.

2. Kuasai Bahasa Asing

Untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, salah satu yang harus kalian kuasai adalah bahasa asing. Menguasai bahasa asing adalah hal yang harus kalian lakukan jika kalian ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Hal ini dikarenakan bahasa asing seperti bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional ini, akan kalian gunakan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang dari penjuru dunia.

Setelah kalian merasa cukup dengan kemampuan bahasa asing kalian, langkah selanjutnya adalah mengikuti tes kemampuan bahasa asing seperti TOEFL/IELTS untuk membuktikan kemampuan bahasa asing kalian.

Hasil tes TOEFL/IELTS ini juga nantinya sering akan dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Dapatkanlah hasil tes TOEFL/IELTS sebaik mungkin. Pelajari bagaimana mendapatkan standar nilai rata-rata yang ditetapkan untuk beasiswa yang kalian ingin dapatkan. 

Untuk nilai rata-rata TOEFL umumnya yang ditetapkan adalah 550, dan untuk nilai IELTS adalah 6,5. Apabila kalian bisa mencapai lebih dari nilai tersebut, maka kesempatan kalian mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri akan semakin besar.

3. Belajar Membuat Esai

Salah satu persyaratan yang sering diajukan oleh universitas luar negeri untuk mendapatkan beasiswa adalah membuat esai. Esai yang dibuat juga beragam, seperti mengenai motivasi dan tujuan kalian melanjutkan pendidikan di universitas tersebut.

Apa yang memotivasi kalian melanjutkan pendidikan di universitas tersebut, dan apa yang akan berikan seandainya diberikan beasiswa dari universitas tersebut. Semakin menarik esai yang kalian buat, maka semakin besar kesempatan kalian mendapatkan beasiswa dari universitas tersebut.

Belajarlah membuat esai yang menarik dari berbagai sumber seperti internet dan buatlah esai semenarik mungkin mulai dari sekarang.

4. Belajar Interview

Sering kali untuk mendapatkan beasiswa dari sebuah universitas, kalian akan melewati tahapan interview atau wawancara. Bukan hal yang mudah untuk lolos dari tahapan wawancara ini.

Persiapkan diri kalian dengan mempelajari tips untuk tahapan wawancara ini seperti artikulasi, tempo berbicara dan gaya serta bahasa tubuh yang baik agar lolos dari tahap wawancara ini.

5. Riset Lembaga Penyedia

Saat ini sudah banyak lembaga yang menyediakan beasiswa kuliah di luar negeri. Kalian bisa mencarinya melalui berbagai cara, seperti di internet, media sosial, atau melalui orang-orang sekitar kalian.

Sebelum menentukan lembaga penyedia beasiswa luar negeri yang akan kalian pilih, sebaiknya kalian melakukan riset terlebih dahulu berbagai macam lembaga penyedia beasiswa yang dapat kalian temukan.

Informasi yang biasa diberikan oleh lembaga penyedia beasiswa luar negeri adalah biaya kuliah, uang saku, sampai akomodasi. Melalui berbagai informasi yang telah disediakan lembaga penyedia beasiswa luar negeri ini, kalian bisa memilih mana yang terbaik untuk kalian.

Itulah beberapa cara mendapatkan beasiswa luar negeri yang bisa kalian coba dan persiapkan dengan sebaik mungkin.

Tentunya untuk mendapatkan beasiswa dari luar negeri, banyak hal yang mesti kamu persiapkan. Salah satunya adalah pembelajaran yang efektif dengan metode yang berbeda karena untuk mendapatkan beasiswa mesti melewati tahap ujian. Oleh sebab itu perlu adanya bimbingan belajar secara intensif ataupun karantina.

Supercamp Alumni UI merupakan bimbingan belajar secara karantina untuk persiapan menembus PTN favorit, cocok banget buat kamu yang tertarik untuk kuliah di luar negeri. Informasi mengenai karantina bisa klik link berikut : Informasi Supercamp SBMPTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latis Supercamp Alumni UI

Specialis Masuk Kedokteran dan PTN Favorit

Assesment Awal untuk Ukur Kemampuan Siswa

Mapping Class dengan Tim Professional

Top Facilities di Apartemen yang Nyaman

1 hari 5x sesi (10 jam belajar)

Klinik Pintar di Malam Hari

Try Out Sistem CBT Setiap Hari

Tutor Berpengalaman Meloloskan Siswa ke PTN Favorit

Protokol Kesehatan Ketat

Dibimbing hingga Ujian Mandiri atau Cashback

Karantina SIMAK UI : 21 Mei – 21 Juni 2021
Karantina Non Menginap SIMAK UI: 24 Mei – 18 Juni 2021

Karantina SIMAK UI

Rp 65.000.000

Rp 58.000.000

Karantina Non Menginap Rp. 16.500.000

Diskon special bila Anda menghubungi
kami dalam waktu

Menit
Detik